Wednesday, July 17, 2019

Media Pembelajaran Pop Up Book

Pernahkah kamu melihat buku yang jika dibuka akan terbuka atau bisa berdiri membentuk benda tertentu? nah itulah pop up book.




Pop Up Book adalah salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru untuk meningkatkan proses pembelajaran. Pop-Up book dalam pembelajaran di sekoah dasar dapat menjadi pilihan bagi guru dalam memilih media pembelajaran. Di Sekolah Dasar pembelajaran dengan gambar dan warna-warna dapat membuat rasa keingintahuan siswa menjadi meningkat. Contohnya Dalam mata pelajaran IPA khususnya materi kelas 4, tentang daur  hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, media  Pop-Up book bisa menjadi pilihan bagi guru. Dengan menggunakan gambar-gambar daur hidup hewan secara bertahap dipadu dengan warna-warni, siswa akan semakin senang belajar IPA di bangku sekolah dasar. Ataupun pada materi dikelas 2 Mengeni Bersatu dalam keberagaman.

Contoh Pop Up Book seperti gambar dibawah ini:





Gambar pop up book diatas adalah contoh Pop Up Book yang saya buat untuk siswa saya di kelas 1 SD. Bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana hanya berupa Kertas karton berwarna, Gunting, Lem dan sejumlah gambar yang disesuaikan dengan tema dari pop up book tersebut. 



Ini adalah foto ketika saya membuat media pop up book.




Siswa menjadi antusias saat saya menunjukkan Pop Up Book ini dan pembelajaran pun menjadi menyenangkan.
Dan ini adalah foto ketika saya menerapkan penggunaan media Pop Up Book pada siswa kelas 1 di SDN 12 Tanah Abang PALI





2 comments:

  1. Ibu, saya mau tanya, dimana beli kertas karton yg terang seperti punya ibu di pop up book itu?

    ReplyDelete